Tips Menumbuhkan Semangat Kerja Sepanjang Hari

Tips Menumbuhkan Semangat Kerja Sepanjang Hari

Manusia memang ditakdirkan untuk bekerja. Apa pun yang kita lakukan itu termasuk kerja, makanya dalam pelajaran bahasa ada yang disebut kata kerja. Jadi, apapun yang kita lakukan berarti kita sedang kerja ya?

Namun demikian, dalam pembahasan kali ini saya asumsikan bahwa kerja itu adalah ketika kita melakukan sesuatu yang produktif, baik kita kerja sebagai keryawan, pegawai, atau kita kerja mengelola bisnis kita sendiri.

Bebrapa hal yang sering menjadi sebab mengapa semangat kerja kita naik-turun mungkin masih sering kita alami, kita lakukan hal-hal tersebut tanpa kita menyadarinya. Singkatnya, kita sering sekali diliputi rasa MALAS.

Katika hari baru tiba, pagi hari, terkadang kita merasa semangat, kadang juga merasa berat sekali untuk memulai hari itu. Dan biasanya, kalau ketika baru bangun pagi saja sudah malas maka kemungkinan besar sepanjang hari itu kita akan diliputi rasa malas.

  1. Terkalit dengan hal ini, saya ada beberapa tips agar saat hari baru tiba kita semangat, begini.. Jangan tidur sampai larut malam. – bagaimanapun juga kita manusia, makhluk hidup yang perlu istirahat, bukan robot, jadi usahakan jangan sampai kita kurang istirahat. Dan istirahat yang paling sempurna itu tidur.
  2. Bangun lebih pagi. – Kalau kita tidurnya tidak terlalu larut malam pastilah kita bisa bangun lebih pagi. Dan perlu kita sadari bahwa kita bangun lebih pagi akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar, daripada bangun kesiangan. Coba kita rasakan bedanya, ketika kita bangun sebelum matahari matahari muncul dan ketika kita bangun matahari sudah tinggi. Lebih segar mana? Besok pagi boleh anda coba.. 
  3. Awali hari dengan Bersyukur. – Bersyukur selalu membuat perasaan kita lebih baik. Orang-orang yang selalu bersyukur tidak merasa gelisah, tidak merasa malas, tidak merasa kurang, dan hal-hal negatif lain. Tapi jangan terus Anda tafsirkan kata-kata saya ‘tidak merasa kurang’ laju anda tidak mau berusaha karena sudah sangat bersyukur denga yang ada ya.. justru di sini lah semangat berusaha Anda akan tumbuh. Bersyukur dengan yang kita miliki untuk melakukan yang terbaik yang kita mampu. Sebagai umat yang beragama kita pasti tahu bahwa berusaha itu harus, disamping kita juga tetap terus berdo’a.
  4. Seperti sudah disinggung pada poin ke-3, Berdo’a juga menjadi sangat penting ketika kita mulai hari baru dengan penuh rencana mulia. Berdoa adalah sebuah kesempatan untuk kita memohon kepada Tuhan yang Mahakuasa atas seluruh alam. Karenanya, jangan lupa berdo’alah..
Setelah kita berhasil melakukan beberapa hal di atas, pastilah akan terasa indahnya hari ini.. dan kita akan keluar rumah dengan rasa semangat dan bahagia.