UN 2012 berlangsung Tanpa Insiden Kecurangan

UN 2012 berlangsung Tanpa Insiden Kecurangan

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) jenjang SMP/MTs di Kabupaten Lumajang memang masih berlangsung. Dari keseluruhan pelaksanaan UN hingga Rabu (25/4/2012) ini, DPRD Kabupaten Lumajang melalui Komisi D bidang pendidikan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) yang telah melakukan peninjauan ke berbagai sekolah pelaksana, mendapatkan fakta bahwa UN berlangsung aman tanpa insiden kecurangan.

Hal ini yang disampaikan Bukasan, SPd, anggota Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang. Ketika berdialog dengan Sentral FM Lumajang, politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan, pihaknya sejak sebelum pelaksanaan UN telah melakukan pemantauan segala persiapan yang dilakukan sekolah.


Termasuk, melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Lumajang untuk memastikan bahwa ujian akhir yang menjadi salah-satu penentu kelulusan anak didik ini berlangsung sesuai dengan harapan.


”Apalagi, UN ini kan sudah dilksanakan secara rutin bertahun-tahun. Jadi, kami melakukan koordinasi sejak awal dengan sekolah melalui Dindik. Apa saja persiapan yang telah dilakukan. Dan untuk memastikan pelaksanaannya lancar tanpa insiden kecurangan, kami jug aturun langsung. Kebetulan saat UN jenjang SMA sepekan lalu, kami bertepatan dengan pelaksanaan reses hingga langsung melakukan peninjauan di dapil (daerah pemilihan) masing-masing,” demikian kata Bukasan Spd.


Hasilnya, pelaksanaan UN tahun 2012 ini dinilai berjalan lancar. Tidak ada temuan kecurangan atau insiden yang menganggu pelaksanaan UN di Kabupaten Lumajang ini, seperti yang sempat terjadi tahun sebelumnya. ”Sebab, untuk tahun 2011 lalu, ada temuan siswa nyontek dan sebagainya. Tahun ini secara keseluruhan lebih lancar,” paparnya.


”Harapan hami, seluruh siswa ya lulus 100 persen. Karena, nilai UN bukan satu-satunya parameter kelulusan siswa. Masih ada nilai UAS yang juga bisa mendongkrak kelulusannya,” ujarnya.



sumber :  suarasurabaya.net